Senin, 15 Agustus 2016

Contoh Laporan daur ulang

Laporan membuat daur ulang
Menggunakan Tempurung kelapa 
Disusun oleh :
NAMA           :  Eka maylasari
                           Ernita widya astuti

Kelas               :  XI tkj 2



SMK NEGERI 1 RAMAN UTARA
Jl. SMK Negeri 1 Desa Raman Endra Kecamatan Raman Utara
Kabupaten Lampung Timur Kode Pos 34154 Telp. 081369400970




KATA PENGANTAR

            Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan Rahmat Inayah serta Magfirah kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan pembukuan ini sebagai hasil laporan kegiatan daur ulang barang bekas berupa limbah tempurung kelapa menjadi keranjang. Adapun penulisan laporan ini bertujuan untuk membuktikan bahwa  dalam kehidupan kita tak terlepas dengan sampah perkebunan terutama tempurung kelapa yang banyak berserakan. Dalam penulisan laporan ini, berbagai hambatan telah penulis alami. Oleh karena itu, terselesaikannya laporan ini tentu saja bukan karena kemampuan penulis semata - mata. Namun karena adanya dukungan dan bantuan dari pihak - pihak yang terkait. Sehubungan dengan hal tersebut, perlu kiranya penulis dengan ketulusan hati mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu, yang telah membantu menyelesaikan laporan ini.

Dalam penyusunan laporan ini, penulis menyadari pengetahuan dan pengalaman penulis masih sangat terbatas. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan adanya kritik dan saran dari berbagai pihak agar laporan ini dapat menjadi lebih baik.

                                                                                            




    Jum’at 20 Mei 2016

  



                                           DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL .............................................................................................. i



KATA PENGANTAR............................................................................................ ii


DAFTAR ISI.......................................................................................................... iii

BAB I PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah..................................................................................4

B.     Tujuan Keuntungan........................................................................................4

C.     Tujuan Penelitian...........................................................................................5

  BAB II METODOLOGI CARA KERJA

A.    Alat dan Bahan...............................................................................................6    

B.     Cara Kerja......................................................................................................7

C.     Manfaat..........................................................................................................9

BAB III PENUTUP

A.    Kesimpulan....................................................................................................11

B.     Saran.............................................................................................................11


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Latar Belakang Masalah Daur ulang tempurung kelapa adalah pengolahan sampah menjadi produk baru untuk digunakan kembali. Tujuan utama dari daur ulang tempurung kelapa adalah untuk melestarikan tekologi dan lingkungan . Daur Ulang kertas mempertahankan sumber daya alam yang dinyatakan akan menemukan hasil yang baik dan digunakan sebagai bahan baku untuk memproduksi produk baru. Proses daur ulang tempurung kelapa menyebabkan mengurangi penggunaan energi, polusi lebih sedikit dan lebih rendah emisi gas rumah kaca bila dibandingkan dengan produksi pabrik. Bahan yang paling umum untuk daur ulang adalah daur ulang elektronik, kaca, logam, kertas, plastik, tekstil dan elektronik. Daur ulang tempurung kelapa  pengolahan limbah tempurung kelapa seperti pabrik pecah (tempurung kelapa hiasan dan tempurung kelapa sebagai cekengan), pra-konsumen limbah (tempurung kelapa dibuang) dan Seperti daur ulang semua jenis, daur ulang tempurung kelapa juga dilengkapi dengan banyak manfaatnya.tempurung kelapa daur ulang juga meluas ke aksesoris seperti kartrid digunakan untuk mencetak pada kertas, kerajinan membuat cangkir, teko celengan,mangkok,miiniatur sepedah motor, dll.

B.      Tujuan Keuntungan
Tujuan Keuntungan terbesar dari daur ulang tempurung kelapa adalah konservasi lingkungan. 90 persen dari semua tempurung kelapa  bekas dan sekitar 50 persen dari orang membutuhkansantaan sseebagaii  campuran masakan di dunia adalah.

Tujuan pembuatan daur ulang tempurung kelapa  ini memanfaatkan barang bekas untuk kebersihan lingkungan sebagai pengurangan sampah dan untuk ekonomi sebagai peluang bisnis. Dengan demikian, ada manfaat lingkungan dan keuangan. Manfaat lingkungan utama dari tempurung kelapa  daur ulang berkurang polusi. Manfaat lingkungan dari kertas daur ulang langsung menerjemahkan untuk keuntungan finansialtempurung kelapa tersebut ternyata menyimpan potensi peluang usaha, membuat kertas daur ulang. Intinya bisa mempunyai nilai tambah bila diolah dengan benar dan bernilai ekonomi tinggi dapat menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan dengan pemanfaatan limbah tempurung kelapa  kita secara tidak langsung turut mendukung program kampanye “GO GREEN” yang saat ini sedang gencar digalakkan oleh berbagai kalangan. Dengan membuat produk dari daur ulang tempurung kelapa sehingga dapat mengurangi sampah yang dibuang ke lingkungan.

C.    TUJUAN PENELITIAN
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan proses daur ulang tempurung kelapa  dengan menggunakan metode sederhana dan menggunakan bahan–bahan  ramah lingkungan seperti tempurung kelapa  dan memprosesnya menjadi kerajinan tangan berupa bunga pajangan yang dapat digunakan untuk hiasan rumah.

BAB II
METOLOGI CARA KERJA
a.  Alat dan bahan yang digunakan :
  • Bahan pembuatan yang digunakan:
  1. Tempurung kelapa
  2. Pilog clear /Cat plistur
  3. Kayu berbentuk balok
  4. Lem kayu / lem alteko
  • Alat Pembuatan yang digunakan:
  1. Geraji besi tangan
  2. Amlas kasar untuk kayu
  3. Pensil
  4. Katter / Pisau / Silet

A.  Cara pembuatannya
  • Pisahkan Tempurung kelapa dari kelapanya, dengan pisau,
  • Bersihkan tempurung kelapa dengan pisau / kater,

  • Cuci tempurung kelapa sampai bersih,
  • Kering kan tempung kelapa dengan diangin-angin kan jangan dijemur diterik mata hari karuna takutnya tempurung kelapa akan pecah.
  • Setelah kering, langsung kita ampas, tapi padasaat mengamplas tidak boleh  sampai halus karena akan kita gambarin pola,

  • Setelah di amplas tempurung kelapa akan di gambar pola bunga daun dan tangkainya.

  • Potong tempurung kelapa dengan gergaji tangan besi mengikuti pola yang telah digambar, 

  • Gosok kembali dengan amplas sampai halus dan mengkilap

  • Rangkailah bunga dan batang tadi dengan lem yang disediakan.

  • Setelah lem mengering, lau di pilog clear agar lebih mengkilat

  • Tunggu sampai kering cat nya dan hasilnya TARAAAAA !!!!!!!

A.   MANFAAT
  • Dengan menggunakan limbah tempurung kelapa, dapat mengurangi limbah, menjaga kebersihan, menjaga dan merawat bumi kita.
  • Mengajarkan untuk lebih kreatif dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat seperti limbah tempurung kelapa
  •  Bagian yang tidak dipakai dapat digunakan kembali untuk dibuat kerajian, misalnya tirai dari limbah tempurung kelapa.
  • Dapat meningkatkan nilai ekonomis limbah tempurung kelapa yang sudah menjadi sampah.
  • Merupakan latihan kewirausahaan
  • Mendukung program pemerintah, dengan menggunakan kerajinan dari limbah tempurung kelapa, selain dapat mengurangi jumlah limbah plastik, juga dapat mengurangi pemakaian kantong plastik.


BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN

  • Limbah tempurung kelapa dapat dimanfaatkan kembali setelah melalui proses daur ulang
  • Menambah nilai tambah pada benda tersebut agar bernilai ekonomi tinggi dan dapat menjadi sebuah peluang bisnis
  • Dengan memanfaatkan limbah tempurung kelapa dapat mendukung program pemerintah “go green” yang saat ini sedang gencar digalakan oleh berbagai kalangan.

B.  SARAN
Sebaiknya dalam pembuatan kerajian tangan dari limbah seperti ini, sisa bahan yang tidak terpakai dapat dimanfaatkan kembali untuk dibuat kerajinan tangan lainnya, seperti yang saya cantumkan di kesimpulan. Dan sebelum menggunakan bahan dari limbah, sebaiknya dicuci hingga bersih terlebih dahulu mengingat bahan yang kita gunakan adalah limbah atau sampah yang tentunya mengandung banyak bakteri.  Penulis sadar bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak kesalahan yang didapat mengingat penulis hanya manusia biasa yang tak luput dari salah. Maka itu, penulis memohon kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca agar dapat menjadi motivasi  bagi penulis untuk lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar